Rabu, 05 Mei 2010

PROYEK MAHASISWA REKAYASA PERANGKAT LUNAK SEMESTER GENAP 2010

Aplikasi Pelacak Barang

1. Gambaran Umum

PT. Simpana Baranga merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pergudangan. Perusahaan ini menyediakan ruang gudang yang bisa disewa oleh perusahaan lain. Sepuluh gudang dengan luas masing-masing 1500 m2 dengan dukungan alat-alat berat untuk menurunkan dan menaikkan barang dari kendaraan pengangkut dan pengaturan barang di gudang merupakan fasilitas yang dimiliki oleh perusahaan ini.

Penyewa dibagi menjadi dua kategori yaitu penyewa tetap dan penyewa tidak tetap. Penyewa tetap adalah perusahaan yang memiliki kontrak perjanjian kerjasama minimal satu tahun untuk menyewa ruang gudang sedangkan penyewa tidak tetap hanya menyewa tempat dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Penyewa tidak tetap ada yang menyewa dan menitipkan barangnya hanya dalam jangka waktu beberapa hari saja.

Perkembangan terakhir menunjukkan bahwa jumlah penyewa dan barang yang dititipkan menjadi semakin banyak. Staf gudang memerlukan cara yang cepat untuk mencari lokasi penempatan baik ketika barang masuk maupun barang keluar. Selain itu, perlu juga dipantau status penuh atau tidaknya lokasi penempatan barang (lot) dalam gudang.


2. Prosedur

Perusahaan yang akan menyewa ruang gudang membuat perjanjian kerjasama (penyewa tetap) atau mendaftarkan perusahaannya (penyewa tidak tetap). Setelah terdaftar, penyewa bisa memasukkan atau mengeluarkan barang dari gudang. Penyewa hanya mengantarkan barang ke gudang, melaporkannya kepada staf gudang dengan mengisi formulir penitipan barang, dan barang yang akan dititipkan akan diatur penempatannya oleh staf gudang sesuai dengan jenis dan ukuran barang. Untuk dapat mengambil barang yang dititipkan, penyewa mengajukan permintaan pengeluaran barang dengan mengisi formulir pengeluaran barang yang berisi daftar barang yang akan dikeluarkan. Staf gudang akan mencari lokasi barang yang akan dikeluarkan kemudian barang akan diangkut ke kendaraan penyewa.

3. Permasalahan

Pencarian lokasi yang kosong untuk barang yang masuk dan pencarian lokasi barang yang akan diambil penyewa tidaklah sederhana. Tiap gudang bisa menampung banyak barang dari penyewa yang berbeda yang ditempatkan pada lot (lokasi penempatan) dengan nomor lot yang sudah diatur. Barang-barang yang dititipkan dari satu perusahaan bisa ditempatkan pada gudang dan lot yang berbeda sesuai dengan jenis barang dan ketersediaan tempat.

4. Sasaran

Manajemen PT. Simpana Baranga berkeinginan untuk meningkatkan layanan kepada para penyewa dengan mempersingkat waktu bongkar-muat barang yang dititipkan atau diambil. Peningkatan perlu dilakukan dalam hal pencarian lokasi penempatan yang cepat dan tepat maupun pencarian lokasi untuk barang titipan yang baru masuk. Kinerja pencarian lokasi ini berpengaruh besar terhadap mutu layanan yang diberikan kepada penyewa.

Perusahaan ini membutuhkan aplikasi baru yang akan digunakan untuk mencatat barang masuk dan keluar gudang serta dapat memantau status lot untuk mengetahui isi masing-masing lot serta penuh atau tidaknya lot.

5. Kebutuhan

Berikut ini adalah beberapa kejadian yang ada pada PT. Simpana Baranga sehubungan dengan aplikasi yang akan dibangun.

1. Staf layanan pelanggan mengelola data penyewa

2. Staf gudang mengelola data barang masuk

3. Staf gudang mengelola data barang keluar

4. Staf gudang mengelola lot

5. Manajemen memantau statistik penyewaan

6. Manajemen dan staf gudang memantau status lot

7. Manajemen menerima laporan penyewaan


File bisa diunduh Aplikasi Pelacak Barang

1. Gambaran Umum

PT. Simpana Baranga merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pergudangan. Perusahaan ini menyediakan ruang gudang yang bisa disewa oleh perusahaan lain. Sepuluh gudang dengan luas masing-masing 1500 m2 dengan dukungan alat-alat berat untuk menurunkan dan menaikkan barang dari kendaraan pengangkut dan pengaturan barang di gudang merupakan fasilitas yang dimiliki oleh perusahaan ini.

Penyewa dibagi menjadi dua kategori yaitu penyewa tetap dan penyewa tidak tetap. Penyewa tetap adalah perusahaan yang memiliki kontrak perjanjian kerjasama minimal satu tahun untuk menyewa ruang gudang sedangkan penyewa tidak tetap hanya menyewa tempat dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Penyewa tidak tetap ada yang menyewa dan menitipkan barangnya hanya dalam jangka waktu beberapa hari saja.

Perkembangan terakhir menunjukkan bahwa jumlah penyewa dan barang yang dititipkan menjadi semakin banyak. Staf gudang memerlukan cara yang cepat untuk mencari lokasi penempatan baik ketika barang masuk maupun barang keluar. Selain itu, perlu juga dipantau status penuh atau tidaknya lokasi penempatan barang (lot) dalam gudang.


2. Prosedur

Perusahaan yang akan menyewa ruang gudang membuat perjanjian kerjasama (penyewa tetap) atau mendaftarkan perusahaannya (penyewa tidak tetap). Setelah terdaftar, penyewa bisa memasukkan atau mengeluarkan barang dari gudang. Penyewa hanya mengantarkan barang ke gudang, melaporkannya kepada staf gudang dengan mengisi formulir penitipan barang, dan barang yang akan dititipkan akan diatur penempatannya oleh staf gudang sesuai dengan jenis dan ukuran barang. Untuk dapat mengambil barang yang dititipkan, penyewa mengajukan permintaan pengeluaran barang dengan mengisi formulir pengeluaran barang yang berisi daftar barang yang akan dikeluarkan. Staf gudang akan mencari lokasi barang yang akan dikeluarkan kemudian barang akan diangkut ke kendaraan penyewa.

3. Permasalahan

Pencarian lokasi yang kosong untuk barang yang masuk dan pencarian lokasi barang yang akan diambil penyewa tidaklah sederhana. Tiap gudang bisa menampung banyak barang dari penyewa yang berbeda yang ditempatkan pada lot (lokasi penempatan) dengan nomor lot yang sudah diatur. Barang-barang yang dititipkan dari satu perusahaan bisa ditempatkan pada gudang dan lot yang berbeda sesuai dengan jenis barang dan ketersediaan tempat.

4. Sasaran

Manajemen PT. Simpana Baranga berkeinginan untuk meningkatkan layanan kepada para penyewa dengan mempersingkat waktu bongkar-muat barang yang dititipkan atau diambil. Peningkatan perlu dilakukan dalam hal pencarian lokasi penempatan yang cepat dan tepat maupun pencarian lokasi untuk barang titipan yang baru masuk. Kinerja pencarian lokasi ini berpengaruh besar terhadap mutu layanan yang diberikan kepada penyewa.

Perusahaan ini membutuhkan aplikasi baru yang akan digunakan untuk mencatat barang masuk dan keluar gudang serta dapat memantau status lot untuk mengetahui isi masing-masing lot serta penuh atau tidaknya lot.

5. Kebutuhan

Berikut ini adalah beberapa kejadian yang ada pada PT. Simpana Baranga sehubungan dengan aplikasi yang akan dibangun.

1. Staf layanan pelanggan mengelola data penyewa

2. Staf gudang mengelola data barang masuk

3. Staf gudang mengelola data barang keluar

4. Staf gudang mengelola lot

5. Manajemen memantau statistik penyewaan

6. Manajemen dan staf gudang memantau status lot

7. Manajemen menerima laporan penyewaan


File bisa diunduh disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar